TUGAS RESUME KULIAH PERILKON

Jumat, 8 September 2017

Kuliah pertama IKK-231 Perilaku Konsumen

Nama: Michelle Leonie Christianti

NIM: F24150001

Kelas Jumat 13.00-15.30 B1-C2

BAB 1&2

Resume

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik untuk kepentingan diri sendiri ataupun untuk orang lain.  Perilaku konsumen adalah segala kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa, dan kegiatan mengevaluasi produk dan jasa.  Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Proses keputusan konsumen dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu strategi pemasaran, perbedaan individu, dan faktor lingkungan. Proses keputusan konsumen sendiri dalam membeli atau mengonsumsi barang dan jasa terdiri atas beberapa tahap yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, dan kepuasan konsumen.  Pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku dan keputusan konsumen sangat penting bagi produsen untuk menyusun strategi pemasaran.  Namun di sisi lain konsumen juga berhak untuk mendapatkan informasi yang benar, dan konsumen diharapkan untuk bersikap kritis dan tidak mudah percaya.

Tiap konsumen memiliki motivasi dan kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga mereka akan memenuhinya dengan cara-cara yang berbeda pula. Motivasi yang mempengaruhi konsumen dapat berasal dari luar ataupun dalam diri konsumen. Motivasi adalah dorongan yang timbul karena adanya kebutuhan yang harus dipenuhi oleh konsumen. Kebutuhan yang tidak terpenuhi ini akan menimbulkan tekanan yang membuat konsumen tersebut merasa tidak nyaman. Menurut Teori kebutuhan Maslow manusia berusaha memenuhi kebutuhan tingkat rendahnya terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi. Teori Maslow dapat digunakan untuk segmentasi dan positioning, yaitu agar produk yang dipasarkan dapat diarahkan untuk target pasar berdasarkan tingkat kebutuhan. Positioning juga sangat penting dalam pemasaran, dengan adanya positioning konsumen akan memiliki persepsi tertentu pada suatu produk atau jasa yang menjadikannya unik dan berbeda dengan pesaingnya. Sedangkan Teori Motivasi McClelland menyatakan bahwa kebutuhan terbagi menjadi tiga, yakni kebutuhan sukses (achievement), kebutuhan afiliasi (affiliation), dan kebutuhan kekuasaan (power). Ketiga kebutuhan dasar ini yang memotivasi seorang individu untuk berperilaku.Kebutuhan dan motivasi konsumen dapat diukur dengan kuisioner atau disebut juga self report, dimana sejumlah pertanyaan diajukan kepada konsumen dan konsumen melaporkan motivasi dan kebutuhannya sesuai pertanyaan. Hasil kuisioner ini dapat digunakan dalam proses pengembangan produk dan jasa, sehingga produk dan jasa yang dijual di pasaran sesuai dengan kebutuhan dan motivasi konsumen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s